Rabu, 16 Maret 2011

Peranan teknologi informasi dalam psikologi

Jaman sekarang teknologi sudah sangat canggih. Manusia sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi. Pada bidang pendidikan, teknologi sangat berperan sekali. Banyak sekolah sampai universitas menggunakan teknologi, sebagai contohnya adalah komputer sebagai media pembelajaran. Pada dasarnya teknologi dapat menunjang proses pencapaian tujuan pendidikan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan kemampuan pengguna untuk mengakses teknologi informasi dan komunikasi dan mempunyai ketrampilan dalam mengaplikasikannya.
Dalam perkuliahan psikologi pendidikan, selain menggunakan berbagai media seperti proyektor, laptop, dan wi-fi, kita sebagai mahasiswa juga diharuskan mempunyai blog sendiri. Dengan begitu, semua mahasiswa diharuskan membuat dan mampu mengaplikasikan blog tersebut. Dari tugas individu maupun tugas kelompok, materi kuliah dan berbagai info lainnya dapat diakses dari blog.
Di bidang psikologi juga komputer sangat bermanfaat sekali. Contohnya adalah untuk membantu membuat skoring pada tes psikologi karena jika memeriksa secara manual, akan sangat membutuhkan waktu yang sangat lama sekali, apalagi kalau tes psikologi tersebut dilakukan secara klasikal.
Komputer juga sangat membantu pada bagian Staff HRD untuk menyimpan data-data karyawan dan data-data karyawan baru yang akan masuk di perusahaan tersebut, apalagi jika data tersebut di kirim  melalui email. Dan ketika melakukan psikotes secara klasikal, mereka tidak perlu membutuhkan buku psikotes yang banyak, tetapi dengan membutuhkan komputer psikotes juga dapat berjalan.
Teknologi informasi dapat membantu tugas Psikolog dalam pemeriksaan psikologis dan penentuan hasil dari pemeriksaan psikologis tersebut, dan untuk melihat kecemasan dan phobia pun dibuuhkan alat-alat dan teknologi seperti alat deteksi jantung dan alat pembaca sidik jari untuk mengetahui pola minat dan bakat anak-anak, sehingga orang tua bisa mengembangan pola minat dan bakat anaknya dengan mengikutkan anaknya pada kursus tertentu.
Saat ini juga banyak tes-tes psikologi di internet, orang-orang tidak perlu ke psikolog secara langsung untuk mengikuti tes psikologi, mereka hanya membutuhkan internet untuk dapat mengikutinya, dan mereka dapat mengetahui langsung hasil dari tes tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar